Selasa, 09 Desember 2008

Tips Efektif Mencari Informasi di Internet

Suka males kalau mau searching di Internet? Makan banyak waktu karena internetnya lagi lambat bin lelet? Komputer tiba-tiba hang padahal banyak info yang belum didapat? Semoga tips berikut ini bisa membantumu :

1. Gunakan beberapa halaman "Browser" sekaligus.

Dengan cara ini, kita bisa buka-buka halaman browser lain selagi menunggu halaman situs yang sedang loading atau sedang proses download. Caranya : Klik Menu File (di kiri atas layar) kemudian pilih New Window/New Web Browser atau tekan ctrl + N. Setelah itu akan muncul halaman browser baru yang bisa digunakan untuk menelusuri situs lainnya dengan mengetikkan alamat/addressnya.

2. Jangan takut menggunakan tombol Back.

Bila salah mengklik link, tidak perlu menunggu proses loading selesai. Klik saja tombol Back secepatnya. Atau, bila tampilan di layar belum berubah, klik tombol stop. Kedua cara itu akan menghemat waktu atas kesalahan yang dilakukan.

3. Loncat!.

Terkadang, tombol Back tidak selalu efektif untuk digunakan bila kita ingin kembali ke link-link sebelumnya. Karena kita harus mengklik tombol Back beberapa kali. Nah, cara yang lebih cepat ada dua yaitu : Pertama gunakan tanda panah kecil di samping kanan icon Back atau tekan ctrl + H, maka seluruh situs yang pernah kita buka akan ditampilkan kembali. Kedua, gunakan menu Go, lalu pilih judul web yang diinginkan. Cara ini jauh lebih cepat dan tepat karena bisa langsung "loncat" ke halaman yang diinginkan.

4. Jangan ragu untuk mengulang.

mengulang. Seringkali komputer kita kelihatan "hang" saat kita sedang men-download. Ini dapat berlangsung hingga lebih dari 5 menit tanpa ada perubahan di layar. Untuk menghindarinya, klik saja tombol Reload/Refresh. Cara ini seringkali sukses.

5. Malu bertanya sesat di jalan.

Walaupun orang bilang internet itu gudangnya informasi, tapi saking banyaknya informasi di sana kita bisa bingung sendiri memilahnya. Oleh karena itu, jangan ragu-ragu bertanya ke mailing list atau ke newsgroup untuk menanyakan hal-hal tertentu.

6. Hindari waktu sibuk internet.

Salah satu penyebab kelambanan koneksi internet adalah pemakaian internet yang banyak dalam satu waktu. Untuk mengatasi masalah ini, coba deh bereksperimen dengan mengubah waktu-waktu koneksi internet, misalnya jam 5 shubuh atau tengah malam sekalian. Diperkirakan waktu-waktu itu masih sedikit orang yang memakai internet, dijamin pasti loadingnya cepet deh.


selamat mEncobba.
_FebriDinata_

Tidak ada komentar: